Rabu, 13 Oktober 2010

Kerajinan Gerabah Kasongan

Kasongan merupakan salah satu kawasan  Desa Wisata yang berada di desa Bangunjiwo, Kasihan , Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya sekitar empat kilometer arah utara pusat kota Bantul. Selain menjadi desa wisata Kasongan sejak bertahun-tahun telah dikenal dengan Kerajinan Tangan Gerabah. Kerajinan Gerabah merupakan aneka bentuk kerajinan yang terbuat dari   tanah liat. Selain berbelanja dan wisata di kasongan, kita juga bisa melihat proses pembuatan aneka kerajinan tangan gerabah. Kerajinan tangan kerabah sendiri dibuat dalam berbagai maam bentuk misalnya alat rumah tangga, hiasan rumah, souvenir, vas , guci, benda-benda antik dan lain sebagainya.

Kasongan merupakan kawasan sentra produksi kerajinan gerabah. Sebagian besar penduduk di  Kasongan bekerja sebagai pengrajin gerabah. Kasongan adalah daerah yang ikut menjadi korban bencana gempa bumi  pada 27 Mei 2006  lalu, kawasan yang terdiri dari lima dusun ini menjadi salah satu daerah yang mengalami kerusakan paling parah akibat gempa bumi. Meski produk kerajinan gerabah kasongan mengalami penurunan hampir 50%  karena bencana tersebut, perlahan-lahan mulai bangkit kembali. Produksi kerajinan gerabah Kasongan sebagian besar sudah  diekspor ke beberapa negara Eropa dan Australia. Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul mencatat, pada 2009 unit usaha kerajinan gerabah Kasongan jumlahnya telah mencapai 441 unit, melebihi jumlah sebelum gempa yang sebanyak 401 unit. Jumlah tenaga kerja yang terserap juga bertambah menjadi 2.367 tenaga kerja, dari sebelumnya hanya 1.995 orang.
Aneka hasil kerajinan gerabah Kasongan antara lain:
1. Guci Antik
Guci Antik

Guci Antik

Guci antik

2. Souvenir
Selain bentuk ini masih banyak aneka kerajinangerabah yang bisa dijadikan souvenir.

3. Home Decor/Hiasan Rumah

Table Set Sebagai hiasan rumah dari bahan tanah liat.

4. Aneka Kerajinan Antik

Patung kura-kura, sebagai simbol dari kekuasaan dan perlindungan dalam hidup. Terbuat dari bahan tanah liat, dengan warna antik modern.Dapat difungsikan sebagai dekorasi rumah.

sumber: galeriukm.web.id

0 komentar:

Posting Komentar