Rabu, 13 Oktober 2010

WISATA KULINER CILACAP (2)

1. Tempe Dages
Tempe dages terbuat dari ampas bahan tahu. Warnanya abu-abu, bentuk persegi dan padat. Digoreng dengan dilapisi tepung. Rasanya gurih. Biasanya dijual bersama tempe mendoan, pisang goreng dan tahu brontak.

2. Mi Ayam
Mi ayam Cilacap banyal dipengaruhi oleh masakan China. Minya berwarna putih dengan sawi rebus, ayam dan kuahnya dipisah. Biasanya ditambah sendiri dengan saus tomat, kecap dan sambal. Rasanya enak dan gurih. Dapat dijumpai di jln. A Yani.

3. Tahu Brontak
Asal usul nama brontak tidak jelas. Bentuknya segitiga tengahnya diisi potongan wortel dan taoge. Biasanya tahunya berwarna kuning dan digoreng dengan tepung.Sangat nikmat bila dimakan dalam keadaan panas dengan cabe rawit. Banyak dijumpai pada penjual mendoan.

4. Gudeg Cilacap
Gudeg identik dengan Jogja. Merupakan makanan khas Jawa Tengah dan Jogja. Di Cilacap juga terdapat gudeg dengan ciri khas agak basah dan tidak terlalu manis. Dapat dijumpai di jl. Laut, jl. Sudirman, jl. Sutoyo jl. Martadinata.

5. Sate Ayam
Sate ayam Cilacap terbuat dari daging ayam yang sudah direbus dengan bumbu dan setelah itu dibakar. Disantap dengan bumbu kacang. Banyak dijumpai di Cilacap. Ada lagi sate ayam yang terkenal yaitu sate ayam Martawi. Ciri khasnya yaitu tusuk satenya ada 2 sehingga ketika dibakar daging benar-benar matang. Dijumpai di jl. S Parman, jl. Katamso dan jl. Gatot Subroto.
 


SUMBER : http://pariwisata.cilacapkab.go.id

0 komentar:

Posting Komentar