Sabtu, 25 Desember 2010

Bisnis Internet dan Permasalahannya

Pasar bisnis internet
Bisnis internet mempunyai pasar yang sangat besar karena internet tidak mengenal batas demografis dan batas Negara. Asal mengerti teknis dan strategi  dalam pemasaran bisnis di internet maka bisnis akan bisa berkembang dengan sangat pesat.Beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum memasarkan produk melalui internet
Produk yang bagus
Produk berkualitas merupakan hal mutlak, jangan membagus-baguskan produk yang tidak bagus karena sama halnya dengan kita melakukan penipuan terhadap orang lain. Hal penipuan ini sering di alami oleh orang yang membeli produk ebook terutama yang berkaitan dengan kiat mendulang uang melimpah dari internet. Yang sebenarnya terjadi adalah uang melimpah bisa di dapat jika bisa mereferensikan ebook kepada orang lain melaui link reseller/affiliasi dengan id kita. Jika kita tidak punya strategi atau awam dengan bisnis internet maka sudah pasti anda akan kehilangan uang anda, 50.000,100.000,150.000,180.000,180.000,200.000 atau bahkan sampai 300.000. Bayangkan jika suatu produk di luncurkan, lalu pembelinya sampai 100 orang atau bahkan 1000 orang, maka artinya anda harus berkompetisi dengan 100 atau 1000 orang itu. Jika tiap orang bisa mendapat 10 orang saja maka artinya jumlah competitor anda dalam menjual produk tersebut menjadi 1000 dan 10.000 orang. Yang sudah pasti adalah si pemilik web/produk tersebutlah yang akan kaya raya.
Memiliki web/blog bagus sangat perlu untuk menjadi seorang pereseller atau affiliates. Hal ini karena  biaya untuk berpromosi di  internet sangat mahal. Untuk memasang link saja(hanya nama web/blog dan judul) anda minimal perlu 30rb atau 50 rb per bulan. Untuk memasang banner anda akan perlu biaya 50 rb atau 100 rb perbulan, untuk memasang iklan premium anda akan perlu 100 rb perbulan.Maka dengan biaya demikian anda akan perlu biaya sangat besar untuk berpromosi sampai anda bisa menghasilkan dari iklan yang anda pasang. Maka memiliki web/blog yang bagus sangat perlu untuk meminimalisir biaya promosi di internet. Blog bagus artinya anda memiliki blog yang lumayan jumlah pengunjungnya. Jumlah pengunjung akan sangat menentukan tingkat pemasaran produk anda. Missal anda punya blog yang jumlah pengunjungnya 1000 perhari.Dari 1000 itu 10 % nya mengklik iklan anda dan dari 100 yang mengklik ada 1-2 perhari yang membeli produk yang anda tawarkan. Maka jumlah pemasaran 10-30 perbulan adalah sangat lumayan, jika komisi 50 rb maka anda akan mendapat komisi affiliasi 500 rb – 900 rb per bulan.
Blog bagus bisa kita hasilkan dengan posting yang berkualitas dan merupakan kebutuhan dari banyak orang. Misal dalam dunia pendidikan ada banyak guru yang mencari di google dengan kata kunci pengembangan profesi maka jika kemudian anda punya blog yang memposting materi tersebut bisa jadi suatu ketika posting anda akan muncul di halaman awal google. Dalam hal bisnis missal anda punya posting dengan topic info bisnis atau bisnis baru maka bisa jadi posting tersebut muncul di halaman awal google. Jika posting atau blog kita bisa muncul di halaman awal google maka peluang blog kita untuk di klik atau di lihat orang akan menjadi sangat besar.Jika blog anda berada di halaman 20 google maka siapa yang akan mengklik blog anda karena biasanya orang mencari di google sampai di halaman 1 atau 2. Ada sih yang mencari sampai halaman 20( yaitu orang yang gak ada kerjaan atau yang mencari film porno tapi gak ketemu ketemu,….he…he….he….)
Meninggikan posisi blog kita di google atau yahoo susah susah gampang. Butuh kesabaran dan kiat-kiat jitu untuk melakukan upaya menaikkan posisi blog kita .
-Buat judul yang marketable, artinya judul yang singkat namun bakal menarik minat orang untuk mengkliknya. Juga judul itu harus banyak di cari oleh orang di internet. Misal di kata kunci bisnis orang banyak mencari dengan kata kunci info bisnis, bisnis baru, peluang bisnis,peluang usaha,usaha sampingan,bisnis sampingan. Dalam pendidikan misal guru akan mencari dengan kata kunci karya tulis ilmiah guru, penelitian tindakan,ptk,pts,kti,sertifikasi guru,contoh proposal ptk/contoh proposal pts. Dalam kesehatan misal orang akan mencari dengan kata kunci/keywords penyakit jantung, manfaat madu, bahaya rokok, manfaat kopi, dll. Kadang-kadang judul panjang pun jika nasib baik tetap akan memunculkan blog kita di halaman awal google. Misal kita buat judul seputar permasalahan bisnis motor, tetapi ternyata di google posting kita bisa muncul pada keywords bisnis motor.
-Memasang banyak link dengan judul yang akan mendatangkan banyak pengunjung. Tentang judul sudah kita bahas. Dalam hal memasang link maksudnya adalah mempopulerkan blog kita dengan memasang alamat/link blog kita di blog/web orang lain.Caranya bisa dengan memasang iklan, meninggalkan jejak(komentar di blog orang lain),memasang banner. Dalam hal memasang iklan di blog iklan gratis anda harus memasang iklan dengan kata judul yang sama secara terus menerus. Misal pasang iklan dengan judul info bisnis secara terus menerus selama 1 bulan untuk tempat pasang iklan yang banyak. Maka kemungkinan sangat besar blog anda akan bisa muncul di kata kunci tersebut di halaman berapapun, tergantung kekuatan blog kita dengan kata kunci tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar